Panduan

Untuk menggunakan layanan di website streaming.unp.ac.id, silahkan membaca panduan berupa Question & Answer (Q&A) di bawah ini :

– Apa itu website streaming.unp.ac.id ?

Streaming.unp.ac.id adalah website yang memberikan layanan Video Live Streaming  dan Video On Demand bagi seluruh sivitas akademika UNP dan semua yang bisa mengakses layanan ini dari Internet.

– Apa itu Live Streaming ?

Live streaming adalah istilah yang mengacu pada konten yang disiarkan secara langsung melalui media jaringan internet, konten ini dapat berupa video dan audio. Saat ini layanan live streaming bisa berupa live streaming tv dan radio streaming.

Dengan layanan live streaming, kita dapat menyaksikan Liputan Video tentang kegiatan wisuda, seminar atau kuliah umum secara langsung dengan menggunakan koneksi jaringan atau internet.

– Bagaimana cara mengakses live streaming di streaming.unp.ac.id ?

Video Live Streaming yang disiarkan pada website streaming.unp.ac.id bisa diakses menggunakan browser pada Laptop atau Komputer PC, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome dan Safari. Untuk masuk ke laman Live Streaming, silahkan Klik menu “Live Streaming” yang ada di halaman depan website.

– Apa itu Video On Demand ?

Video On Demand (VOD) merupakan sebuah metode untuk menampilkan Streaming Video dengan menggunakan media jaringan komputer. Dengan VOD kita bisa menonton konten video yang disediakan secara Online tanpa harus mendownload keseluruhan file video tersebut.

– Bagaimana cara mengakses Video On Demand streaming.unp.ac.id ?

Konten Video yang ada pada website streaming.unp.ac.id bisa diakses menggunakan browser pada Laptop atau Komputer PC, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome dan Safari.

Konten Video yang ada pada website streaming.unp.ac.id berupa koleksi rekaman video profil UNP dan Fakultas, rekaman video seminar, kuliah umum dan lainnya.

Untuk mengakses konten video, silahkan klik “Video On Demand” pada halaman depan website atau dengan memilih kategori Video yang akan ditonton pada menu “Video On Demand” pada sisi kanan atas website.

– Bagaimana kalau video yang saya inginkan tidak muncul di postingan ?

Jika konten video yang ingin ditonton tidak muncul pada menu “Upload Video terbaru” dan “Latest Video”, silahkan lakukan pencarian pada menu “Cari Video”.

– Perangkat/gadget apa saja yang bisa digunakan untuk akses streaming.unp.ac.id ?

Perangkat atau gadget yang bisa digunakan untuk mengakses Video Live Streaming dan Video On Demand adalah Laptop dan PC yang menggunakan OS Windows, Smartphone yang menggunakan OS Android dan IOS (iPhone dan iPad) serta Komputer yang menggunakan OS OS X (Macbook dan iMac).

– Browser yang bisa digunakan untuk mengakses live streaming ?

Untuk yang mengakses menggunakan OS Windows, disarankan menggunakan Browser Mozilla Firefox dan Google Chrome yang telah terinstal Flash Player. Sedangkan untuk yang menggunakan IOS dan OS X, bisa menggunakan browser Safari. Untuk Smartphone Android sementara ini belum support untuk akses Live Streaming ke streaming.unp.ac.id, tetapi akan diarahkan ke akses alternatif Live Streaming lewat Youtube Channel Streaming UNP.

– Bagaimana jika Live Streaming yang saya akses tidak muncul ?

Jika setelah diklik “Live Streaming” pada halaman depan, Live Streaming tidak muncul, silahkan Klik tautan yang ada di bawah jendela Video Live Streaming dan sesuaikan dengan perangkat yang anda gunakan, misalnya untuk pengguna OS X (Macbook), IOS (iPhone dan iPad) dan Smartphone Android.

– Apakah ada Live Streaming dengan kualitas HD (High Definition) ?

Streaming.unp.ac.id menyediakan akses Live Streaming dengan kualitas HD bagi yang memiliki bandwidth akses internet yang memadai, untuk akses silahkan klik tautan yang ada di bawah jendela video Live Streaming.

– Apakah Live Streaming hanya bisa diakses dari website streaming.unp.ac.id saja ?

Untuk akses Live Streaming pada website streaming.unp.ac.id disarankan dari jaringan kampus UNP, tetapi tetap bisa diakses dari lokasi manapun juga yang terkoneksi dengan Internet. Akses Live Streaming yang ada pada website ini juga akan direlay ke Youtube Channel, yaitu di www.youtube.com.

– Jika saya tidak sempat menonton Live Streaming, apakah video rekamannya masih bisa diakses untuk ditonton kembali ?

Rekaman Live Streaming untuk kegiatan yang ada akan diposting kembali berupa VOD dan bisa dipilih pada menu Video On Demand untuk ditonton ulang.